Minggu, 27 Januari 2013

Cara Buat Kartu Nama dengan CorrelDraw


Gbr. Kartu Nama
Cara Buat Kartu Nama dengan CorrelDrawUntuk posting kita kali ini kita akan membahas Cara Buat Kartu Nama dengan CorrelDraw, sebelum kita ke TKP, saya akan jelaskan dulu beberapa hal yang berkaitan dengan topik kita kali ini yaitu Cara Buat Kartu Nama dengan CorrelDraw.
Pertama : Dalam Pembuatan kartu nama hendaklah kita mempertimbangkan 4 hal yang menjadi kriteria layak tidaknya sebuah kartu nama sehingga sebuah kartu nama memiliki nilai guna dan manfaat yang nyata bagi pemiliknya dan orang yang diberi kartu nama yaitu konsumen kita, keempat kriteria ini sangatlah penting sehingga patut dipertimbangkan sebelum seseorang membuat kartu nama, kriteria tersebut adalah sbb :

1. Informatif : sebuah kartu nama haruslah memberikan informasi lengkap tentang jati diri kartu nama itu sendiri spt. Nama orang/Perusahaan, No. Hp, Alamat, Nama Product atau jasa dll.
Coba anda bayangkan jika kita sebagai seorang pedagang/pemilik toko misalnya, terus ada calon pembeli sedang mencari-cari kita dan ia sedang tersesat lalu informasi yang ada di kartu nama itu tidak lengkap maka menyusahkan mereka dalam mencari kita atau bahkan mereka gak jadi beli barang kita karena gak ketemu alamatnya. Ini merupakan kerugian bagi kita karena gara-gara kartu nama yang tidak lengkap atau bahkan informasi yang ada di kartu nama itu salah No. Hpnya saja maka itu bisa fatal karena pembeli kita belum tentu mengetahui lokasi kita karena boleh jadi mereka lokasi kita sangat asing bagi mereka karena mungkin pembeli kita datang dari luar kota dll. jadi. kriteria pertama yang penting adalah INFORMATIF.
2. Simple : Kartu Nama tsb usahakan sesimple mungkin karena agar mudah diingat orang dan fokus pada produk atau jasa yang anda jual
3. Kreatif & Inovatif : Sebuah Kartu Nama akan memiliki sebuah nilai jikalau bentuknya menarik dan unik karena orang umumnya suka yang unik-unik apalagi kalau dia membuat kartu nama yang bentuknya seperti produk yang dia jual atau jasa yang ia pasarkan maka orang akan menyimpan kartu nama kita dan mengingatnya, untuk melihat Kartu nama yang unik, kreatif dan inovatif silahkan dilihat disini
 
4. Mudah di Print di berbagai media ( mudah dalam proses produksi ): Point ini juga sangatlah penting karena semakin mudah proses produksi maka semakin murah harganya begitu pula sebaliknya semakin rumit proses maka semakin mahal harganya.

Kedua  : Kartu Nama memiliki jenis dan macamnya apabila dilihat dari proses produksinya yakni Kartu Nama Digital, Sablon dan Hotstamp, untuk lebih jelasnya mari  kita bahas satu persatu.
Jenis-Jenis Kartu Nama 

1. Kartu Nama Digital
Adalah : jenis kartu nama yang media cetaknya adalah dengan printer Untuk jenis ini umumnya kartu namanya fullcollor dan desainnya menarik penuh warna, gambar dan ornament lainnya dan kartu nama ini sangatlah mudah dibuat sendiri bahkan templatenya bisa di dapat diinternet dengan mudah kita tinggal mengisinya dengan informasi kita spt. Nama, Alamat, No. Hp. Disamping itu material kertas yang dipake untuk mencetak kartu nama ini umunya berbentuk glossy atau kertas photo atau kertas yang setara dengannya  tentunya semua jenis kertas yang disupport sama printer itu sendiri alias kertas itu bisa dicetak dan cocok untuk semua printer .Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat pada gbr di bwh ini

Cth_Kartu Nama Digital

2. Kartu Nama Sablon / Manual
Adalah Kartu nama yang media cetak nya adalah dengan cara di sablon
Untuk jenis ini umumnya kartu namanya tidak full collor dan tidak full image dan cendrung simple yakni hanya berupa tulisan nama, alamat dan logo.Dan untuk jenis kartu nama ini biasanya kertasnya khusus tidak bisa atau tidak cocok atau tidak bagus jika di cetak di printer atau kurang bagus kalau dicetak di mesin printer, disamping itu biasanya materialnya sudah jadi beserta templateya dan di jual di toko kertas di jual perkotak dengan beberbagai desain dan jenis jertas nya tentunya lain kertas lain harga.
Untuk kartu nama ini si tukang sablon hanya tinggal mencetak  atau men-sablon tulisannya saja.

Gbr_Kartu Nama Sablon / Manual

Pada gbr diatas kita lihat bahwa kartu nama hanya berupa tulisan yang terdiri dari nama, alamat no. hp dan logo, adapun jenis kertasnya + templatenya sudah ada dan di jual di toko -2 kertas atau toko –toko yang menjual peralatan percetakan. Si tukang sablon hanya mencetak Tulisan dan logonya saja.

Disamping itu jumlah warna tidak lebih dari 2 warna, pada contoh diatas kita lihat khususnya kartu nama Honda, hanya terdiri dari 2 warna yaitu merah dan hitam yaitu logo merah dan teks hitam dan logonya pun simple hanya terdiri dari 1 warna saja yakni merah dan tidak ada logo masuk karena warna putih adalah warna netral. Adapun kartu nama disampingnya hanya terdiri dari satu warna yakni hijau saja dan merah saja. 
 
3. Kartu Nama Hot stamp / Emboss
Adalah kartu nama yang dicetak dengan cetakan Emboss ( tulisan timbul ) yaitu tulisan atau logo yang dicetak menjadi timbul bisa timbul kedalam bisa keluar dan umumnya tinta yang di pake utk kartu nama ini berwarna emas atau perak. Dan material / kertas yang dipake biasanya supper tebal seperti kartu ATM karena memang bahannya berbeda dengan yang lainnya. biasanya tulisan timbul ini digunakan dalam membuat Kartu ATM, Badge Name, ID Card, Kartu Kredit dan umumnya bahannya kertasnya super tebal dan terkadang berlapis-lapis.

 

Cth. Kartu Nama Hotstamp / Emboss
Jikalau Kartu nama itu nantinya akan dicetak melalui media sablon atau mesin cetak ( jika Qty banyak ) maka sebaiknya yang simple-simple aja spt. Jumlah warna jgn terlalu banyak karena disamping akan merepotkan juga high cost, bentuk logo jangan terlalu rumit terutama logo masuk karena akan membuat repot si tukang cetak karena cetakannya akan lari-lari dan warna nya kabur atau dalam istilah saya warnanya di sebut nano-nano yaitu hasil cetak warnanya tidak sesuai dengan yang kita harapkan dan lari-lari.

Akan tetapi jikalau kartu nama yang akan kita buat itu jenis digital maka point No. 4 tidak usah kita hiraukan karena sebanyak apapun warna yang kita buat dan serumit apapun desainnya maka kita tinggal print aja kita tidak perlu report mengenai pisah warna dan logo masuk karena printer akan otomatis mengatasinya asalkan tintanya tidak blobor dan headnya tidak bermasalah, disamping itu utk jenis digital ini kita tidak pusing-pusing mengenai desain templatenya karena sekarang banyak bertebaran di internet template gratis utk kartu nama siap pakai dan tinggal ketik nama dan alamat saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts